Beranda | Artikel
Keutamaan Lailatul Qadar
Jumat, 8 Juni 2018

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Keutamaan Lailatul Qadar adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 20 Ramadhan 1439 H / 05 Juni 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Keutamaan Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan

Kajian Tentang Keutamaan Lailatul Qadar – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Sesungguhnya malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia. Allah subhanahu wa ta’ala memberikan keistimewaan yang sangat banyak untuk malam tersebut. Maka wajib bagi kita untuk memperhatikan dan mengetahui dengan baik permasalahan ini. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ ۗ…

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya…” (QS. Al-Qashash[28]: 68)

Allah subhanahu wa ta’ala dengan kesempurnaan hikmah, kekuasaan dan kesempurnaan ilmunya, Allah memilih dari makhluk-makhlukNya apa yang Dia kehendaki dari waktu, tempat dan orang-orang yang Allah istimewakan dengan keutamaan yang lebih. Hal ini menunjukkan keagungan rububiyah dan keesaan serta kesempurnaan sifat-saifat Allah subhanahu wa ta’ala. Juga menunjukkan bahwa Allah maha sempurna atas kekuasaan dan kebijaksanaannya. Allah maha memilih apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya seluruh urusan dan perkara milik Allah subhanahu wa ta’ala.

Diantara hal-hal yang Allah khususkan dan Allah istimewakan dari waktu-waktu, yaitu bulan ramadhan yang Allah muliakan bulan ramadhan melebihi bulan-bulan lainnya. Juga Allah muliakan sepuluh hari terakhir dari malam-malam dibulan ramadhan. Juga Allah memilih malam lailatul qadar yang Allah jadikan kedudukan malam lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan.

Allah subhanahu wa ta’ala mengagungkan malam lailatul qadar didalam al-Qur’an dan Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan al-Qur’an pada malam tersebut sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa dan pembeda bagi orang-orang yang beriman, juga sebagai cahaya penerang dan rahmat bagi seluruh alam. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ ﴿٣﴾ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ ﴿٤﴾ أَمْرًا مِّنْ عِندِنَا ۚ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ ﴿٥﴾ رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ﴿٦﴾ رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۖ إِن كُنتُم مُّوقِنِينَ ﴿٧﴾ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ ۖ رَبُّكُمْ وَرَبُّ آبَائِكُمُ الْأَوَّلِينَ ﴿٨﴾

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul, sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menghidupkan dan Yang mematikan (Dialah) Tuhanmu dan Tuhan bapak-bapakmu yang terdahulu.” (QS. Ad-Dukhan[44]: 3)

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Keutamaan Lailatul Qadar – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31311-keutamaan-lailatul-qadar/